Perbandingan Calon Wakil Presiden

Perkenalan

Visi, Misi, dan Latar Belakang

Gibran Rakabuming

Visi

Bersama Indonesia maju Menuju Indonesia Emas 2045

Misi

  1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).
  2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru. 
  3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.
  4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
  5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. 
  6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan. 
  7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba. 
  8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Partai Pendukung

Mahfud MD

Visi

Menuju Indonesia Unggul : Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari.

  • Indonesia Unggul

Kehendak bahwa Indonesia tidak hanya sekedar menjadi negara maju, tidak sekedar menjadi kuat, tidak sekedar berdaya saing, tetapi peningkatan kemajuan, kekuatan dan daya saing yang dicapai melebihi atau melampaui apa yang dicapai oleh negara lain.

Unggul menggambarkan kondisi pencapaian yang lebih nyata serta tidak berasumsi dan menganggap hal lain diam atau tetap.

  • Gerak Cepat

Suatu penegasan bahwa berbagai proses untuk menjadi unggul dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Momentum percepatan mendasarkan diri pada bonus demografi yang segera berakhir.

Gerak Cepat dilakukan secara bersama-sama, bergotong royong, dengan mengandalkan kekuatan kolektif rakyat melalui perencanaan matang, serta target dan tahapan yang jelas dan terukur yang dituangkan dalam konsepsi pola pembangunan semesta dan berencana.

  • Negara Maritim

Kesadaran terhadap kekuatan dan posisi Indonesia yang akan membentuk paradigma baru, bahwa laut bukanlah pemisah, melainkan pemersatu.

Laut adalah jalan masa depan sekaligus kekuatan ekonomi, konektivitas, diplomasi, serta pertahanan dan keamanan.

Laut dapat dimanfaatkan, dijaga, dan dirawat secara berkelanjutan agar bermuara pada kedaulatan negara dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

  • Adil dan Lestari

Muara dari langkah yang ditempuh seluruh elemen bangsa dalam membangun negeri. Rakyat hidupnya sejahtera, merasakan keadilan sosial terlaksana, dan hidup dalam alam Indonesia yang lestari. Sehingga tiap-tiap manusia Indonesia betul-betul merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi.

Misi

  • Mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian.
  • Mempercepat penguasaan Sains dan Teknologi melalui percepatan Riset dan Inovasi berdikari.
  • Mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah.
  • Mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi.
  • Mempercepat pembangunan sistem digital nasional.
  • Mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru.
  • Mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional.
  • Mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

Partai Pendukung

Poin Utama Program

Program Unggulan untuk Masa Depan

Memberi makan siang dan susu gratis

Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil guna menghindari peningkatan angka stunting.

Program ini menargetkan lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan 100% pada tahun 2029.

Peningkatan akses kesehatan

Menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan kasus TBC 50% dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di kabupaten.

Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan dan pencegahan penyakit dengan pemeriksaan kesehatan tekanan darah, kadar gula darah, dan rontgen paru.

Target pemberantasan TBC adalah mengurangi kasus TBC sebanyak 50% pada tahun 2029.

Rumah sakit berkualitas akan didirikan di seluruh kabupaten dengan dukungan dan insentif yang menarik bagi dokter ahli yang akan bertugas di sana.

Ketahanan Pangan

Mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional

Kedua program tersebut dilakukan di level desa, kecamatan, kabupaten/ kota, dan nasional secara lebih efektif, terintegrasi, dan berkelanjutan dengan komoditas padi, jagung, kedelai, singkong, tebu, sagu, dan sukun.

Ditargetkan minimal tambahan 4 juta ha luas panen tanaman pangantercapai pada tahun 2029.

Infrastruktur Pendidikan

Membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, dan memperbaiki sekolah-sekolah yang perlu renovasi.

Sekolah unggulan yang akan dibangun mengikuti model sekolah unggulan tanpa asrama (non-boarding school) dan asrama, serta terintegrasi dari sekolah dasar hingga ke menengah atas.

Di samping itu, akan dilaksanakan perbaikan untuk sekolah-sekolah yang saat ini dalam kondisi kurang dan tidak layak.

Kesejahteraan sosial

Melanjutkan dan menambahkan program kartu-kartu kesejahteraan sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut.

Program-program seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), KIS Lansia, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, MEKAR, dan Program Keluarga Harapan akan dilanjutkan dan menambahkan Kartu Anak Sehat. Selain itu program Kredit Usaha Tani Perternakan, Perikanan, Perkebunan, Produksi Pangan Rakyat, Nelayan, Pesisir, Industri Hilir UKM, Kredit untuk usaha Start Up dan kredit untuk para millenial akan didorong, diperluas, dan diperbanyak untuk menjadi garda terdepan dalam upaya peningkatan wirausaha dan sekaligus memberantas kemiskinan serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia.

Maka dari itu, negara harus melanjutkan program tersebut, dan ditingkatkan menjadi perlindungan sosial sepanjang hayat dengan target angka kemiskinan di bawah 6 persen serta mencapai status pembangunan manusia sangat tinggi (IPM di atas 80).

Peningkatan Gaji ASN, TNI dan Polri

Menaikkan gaji ASN (terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan), TNI/POLRI, dan pejabat negara.

Pelayanan publik yang baik akan terlaksana bila aparatur sipil negara (ASN) terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan (nakes), tentara nasional Indonesia (TNI), kepolisian Republik Indonesia (POLRI), dan pejabat negara berada dalam kondisi sejahtera. Oleh karena itu, pendapatan mereka perlu ditingkatkan secara layak.

Kebijakan penggajian diarahkan pada upah minimum provinsi (UMP) dengan rentang gaji tertinggi mengacu pada jabatan profesional, meski pelaksanaan dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan negara.

Pembangunan desa dan BLT

Melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan.

Membangun dari desa menjadi strategi utama dalam pembangunan nasional. Untuk itu, program terkait pembangunan desa yang sudah dilaksanakan harus dilanjutkan dan ditingkatkan, termasuk membangun rumah murah dengan sanitasi baik untuk masyarakat yang membutuhkan, menyalurkan dana desa secara langsung, dan dana kelurahan. Ditargetkan untuk dapat membangun/merenovasi rumah sebanyak 40 rumah per desa/kelurahan per tahun dengan total nasional mencapai 3 juta rumah mulai pada tahun kedua.

Peningkatan Penerimaan Negara

Mendirikan Badan Penerimaan Negara dan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) ke 23%.

Negara membutuhkan terobosan konkret dalam upaya meningkatkan penerimaan negara dari dalam negeri. Pendirian Badan Penerimaan Negara ditargetkan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 23%.

Membangun Sumber Daya yang Produktif

Membuka akses pendidikan seluas-luasnya, tidak membedakan gender atau tingkat kesejahteraan. Harapannya dapat menekan angka pengangguran nasional hingga 4% di tahun 2029.

Menjaga Stabilitas Harga Bahan-Bahan Pokok

Strategi untuk merealisasikan itu dengan cara mengakselerasi kinerja birokrasi untuk memantau ketersediaan dan permintaan, meningkatkan produksi bahan pokok, dan menyeimbangkan neraca ekspor-impor pangan.

Menghapus Kemiskinan

Investasi keluarga agar isu kemiskinan segera terselesaikan.

Memperkuat Jaminan Pengamanan Sosial

Memperbaiki data penerima program jaring pengaman sosial dan memperluas jangkauan BPJS dengan menambah anggaran dari 166 triliun pada 2024 menjadi 300 triliun pada 2029.

Mendorong Hilirisasi Menuju Pabrik Kelas Dunia

Mempercepat perkembangan sektor-sektor penopang PDB. Beberapa contonya :

  • Mendorong pertumbuhan sektor pertanian hingga naik 2,25%
  • Pertambangan dan penggilingan naik 4,38%
  • Industri pengolahan 4,89%
  • Perdagangan dan reparasi sebesar 5,52%
  • Transportasi dan pergudangan 19,87% , dan sektor digital sebesar 19%
Akselerasi Nilai Tambah Pembangunan Infrastruktur

Meningkatkan proyek infrastruktur yang telah dibangun pada era Presiden Jokowi agar mendorong kegiatan ekonomi. Contoh penerapan :

  • Pelabuhan dan bandara yang sudah dibangun akan disesuaikan dengan keunggulan wilayah.
  • Gerbang-gerbang menuju jalan tol akan dilakukan perubahan agar dekat dengan tempat tinggal dan kerja.
  • Menciptakan 40% bauran energi baru terbarukan, kereta api yang berteknologi modern, infrastruktur sumber daya air yang lebih produktif, perumahan yang berkualitas, membangun kawasan industri dan ekonomi yang berorientasi pada hilirisasi (produk akhir hingga sebuah produk memiliki nilai tambah)
Memulihkan Kondisi Alam Indonesia

Memulihkan kondisi alam Indonesia dengan mengurangi emisi karbon, mencetak talenta untuk inovasi, mendorong ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Contoh ekonomi biru adalah dalam hal perikanan, tidak bertumpu pada perikanan tangkap, tetapi perikanan budidaya.

Rekam Jejak dan Prestasi

Pengalaman dan Kontribusi Sebelumnya

Karier politik

Bergabung PDIP2019
Terpilih sebagai wali kota solo2020
Calon Wakil presiden2024
  • Organisasi
Majalah Mahasiswa UII (Muhibah)
Senat Mahasiswa UII
Badan Perwakilan Mahasiswa UII
Pers Mahasiswa UII
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
Pimpinan Majalah Mahasiswa Fakultas Hukum UII (Keadilan)
  • Karir Professional
Staf Pengajar di Fakultas Hukum UII dan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS)Tahun 1983
Dosen Tetap Fakultas Hukum UIITahun 1993
Guru besar Fakultas Hukum UII Tahun 1998
Pengajar di Universitas Islam Indonesia (UII), UGM, UNS, UI, Unsoed, dan lebih dari 10 Universitas lainnya pada program Pascasarjana S2 & S3
 
  • Karir Politik
Staf Ahli dan Deputi Menteri Negara Urusan HAM1999–2000
Menteri Pertahanan Republik Indonesia 2000-2001
Menteri Kehakiman dan HAM2001
Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2002-2005
Anggota DPR-RI, duduk Komisi III2003-2006
Anggota DPR-RI, duduk Komisi I2004-2006
Anggota DPR-RI, duduk di Komisi III2006-2007
Wakil Ketua Badan Legislatif DPR-RI2007-2008
Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia2008 – 2013
Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila2017–2018
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada Kabinet Indonesia Maju2019 – 2023

Sikap Terhadap Isu Strategis

Pendekatan dalam Menghadapi Isu-isu Kunci

  1. UU IKN
    Gibran berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan IKN. Menurut Gibran, IKN bukan hanya saja membangun bangunan pemerintahan tapi juga simbol pemerataan pembangunan di Indonesia dan juga simbol transformasi pembangunan Indonesia.
  2. UU KPK
    Gibran belum menyampaikan pendapatnya tentang UU KPK.
  3. UU ITE
    Gibran belum menyampaikan pendapatnya tentang UU ITE.
  4. Omnibuslaw ( UU Ciptaker, UU Kesehatan)
    Gibran belum menyampaikan pendapatnya tentang UU Ciptaker dan UU kesehatan.
  • RUU KPK

Apabila terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo akan menguatkan KPK (Komisi pemberantasan Korupsi) dan merevisi regulasi KPK.

Undang-Undang yang akan direvisi oleh Ganjar adalah UU No.19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

  • IKN (Ibu Kota Negara)

Menanggapi proyek IKN, Ganjar Pranowo berencana akan melanjutkan proyek tersebut apabila terpilih menjadi presiden. Menurutnya IKN dapat terwujud dengan kekompakan.

Proyek tersebut tidak sekadar memindahkan tempat dan ibu kota, tapi membuka dan merubah mindset untuk menjadi negara maju, serta hilirisasi industri.

  • UU CIPTA KERJA

Setelah Undang-Undang Cipta Kerja di sahkan pada 5 Oktober 2020, banyak masyarakat yang menolak UU tersebut.

Ganjar Pranowo melakukan beberapa langkah, diantaranya membuka posko pengaduan masyarakat, terjun ke masyarakat untuk menjaring informasi dari mereka, serta membagikan naskah final UU Cipta Kerja kepada Organisasi Serikat Buruh.

Ganjar menilai UU Cipta Kerja dapat menjadi jalan tol bagi kepala daerah dalam mengatasi persoalan daerahnya karena selama ini pemerintah daerah terkendala dengan regulasi yang banyak dan rumit.

Masyarakat yang merasa kesulitan dengan hal itu, rentan melakukan pungli di tempat pelayanan publik.

  • UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik)

Berawal dari pernyataan Presiden Jokowi mengenai masyarakat yang kurang mendapatkan keadilan dari proses hukum pada UU ITE.

Jokowi meminta agar pasal yang menimbulkan multitafsir dapat diterjemahkan secara hati-hati dan jelas.

Apabila UU ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, Jokowi meminta agar UU ITE dihapus atau direvisi.

Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan membentuk tim kajian UU ITE yang dipimpin oleh Deputi II, Sugeng Purnomo, untuk melakukan telaah.

Hasilnya, Mahfud mengumumkan bahwa UU No.11 Tahun 2008 tentang UU ITE tidak akan dicabut, melainkan akan dilakukan revisi secara terbatas pada beberapa pasal.

Fun Fact

Fakta Unik Capres

Gibran merupakan anak dari Presiden Jokowi dan juga keponakan dari ketua Mahkamah Konstitusi RI, Anwar Usman. Pada pemilu 2024, Gibran merupakan Cawapres dengan usia termuda sepanjang sejarah pemilu Indonesia berlangsung.

Menyelesaikan pendidikan doktor di UGM dalam waktu 2 tahun 8 bulan, rata-rata orang lain menyelesaikan pendidikan doktor dalam waktu 5 tahun

Penghargaan dan Pengakuan

Prestasi dan Pengakuan atas Kontribusi sejauh ini

Solo sebagai kota ternyaman

Dalam memimpin Solo, Solo dinobatkan sebagai kota ternyaman di Indonesia: Dalam penilaian yang dilakukan oleh situs akademi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) pada 2022.

Mendapatkan penghargaan “Udayana Award” (2022)

Udayana Award merupakan penghargaan tertinggi dari Universitas Udayana, Bali.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas kontribusi Mahfud dalam menegakkan hukum yang berkeadilan secara konsisten di tengah-tengah masyarakat. 

Universitas Udayana berharap penghargaan yang diberikan dapat menambah semangat Mahfud MD untuk memperjuangkan isu-isu yang berkaitan dengan hukum, politik, dan keamanan.

Penghargaan dari “Rakyat Merdeka” (2022)

Mendapat penghargaan dari Harian Rakyat Merdeka sebagai tokoh stabilisator politik, hukum, dan keamanan. 

Satelit Kemenhan (2015)

Mahfud MD membuka dan mengungkap kembali kasus proyek pengelolaan satelit Kementerian Pertahanan yang terjadi pada tahun 2018 (sebelum Mahfud berada di Kemenpolhukam). 

Diduga kasus tersebut sengaja dihambat oleh beberapa pihak, namun saat Mahfud menjabat terdapat laporan pemerintah diundang kembali dalam sidang Arbitrase di Singapura untuk membayar kontrak dan barang yang telah diterima Kemenham. 

Kasus tersebut menyebabkan kerugian negara sebesar 800 miliar. Kasus tersebut terungkap setelah Mahfud meminta agar kasus tersebut diproses secara hukum.

Kemudian, Mahfud meminta agar BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) melakukan Audit Tujuan Tertentu.

Kasus dan Tantangan

Kasus-kasus yang Terkait

Kasus putusan Mahkamah Konstitusi

Naiknya Gibran sebagai Cawapres dinilai mengandung kontroversi yang sangat besar. Pasalnya, putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait syarat pencalonan Capres dinilai direvisi demi melanggengkan Gibran untuk menjadi Cawapres di 2024. Sehingga, masyarakat menilai bahwa naiknya Gibran sebagai Cawapres telah melanggar hukum konstitusional.

Update terakhir, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) telah menetapkan adanya pelanggaran etik berat pada ketua mahkamah konsitutis, Anwar Usman atas putusan 90 tersebut.

Kami tidak menemukan informasi kasus yang terkait dengan Mahfud MD

Total Harta Kekayaan

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara

  • Tanah dan Bangunan =Rp 17.339.000.000
  • Alat Transportasi dan Mesin =Rp. 682.000.000
  • Harta Bergerak Lainnya =Rp  260.000.000
  • Surat Berharga = 0
  • Kas dan Setara Kas =Rp 2.188.369.663
  • Harta Lainnya =Rp 5.552.000.000
  • Hutang =Rp 723.586.004 

Total kekayaan =Rp 25.297.783.659

LHKPN Tahun 2021
  • Tanah dan Bangunan =Rp 17.339.000.000
  • Alat Transportasi dan Mesin =Rp. 332.000.000
  • Harta Bergerak Lainnya =Rp  260.000.000
  • Surat Berharga = 0
  • Kas dan Setara Kas =Rp 3.101.260.374
  • Harta Lainnya =Rp 5.552.000.000
  • Hutang =Rp 551.586.004 

Total kekayaan =Rp 26.032.674.370

LHKPN Tahun 2022

Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Mahfud MD Rp. 25.815.316.147  dengan rincian berikut:

  • Tanah dan Bangunan : Rp. 12.144.500.000
  • Alat Transportasi dan Mesin : Rp. 1.838.000.000
  • Harta Bergerak Lainnya : Rp. 100.500.000
  • Surat Berharga : —-
  • Kas dan Setara Kas : Rp. 11.732.316.147 
  • Harta Lainnya : —-
  • Hutang : —-
LHKPN 2019

Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Mahfud MD Rp. 27.131.348.26  dengan rincian berikut:

  • Tanah dan Bangunan : Rp. 12.014.500.000
  • Alat Transportasi dan Mesin : Rp. 1.603.000.000 
  • Harta Bergerak Lainnya : Rp. 180.500.000
  • Surat Berharga : —-
  • Kas dan Setara Kas : Rp. 13.333.348.267
  • Harta Lainnya : —-
  • Hutang : —-
LHKPN 2020

Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Mahfud MD  Rp. 29.635.978.979  dengan rincian berikut:

  • Tanah dan Bangunan : Rp. 12.014.500.000 
  • Alat Transportasi dan Mesin : Rp. 1.650.000.000
  • Harta Bergerak Lainnya :Rp. 180.500.000 
  • Surat Berharga : —-
  • Kas dan Setara Kas : Rp. 15.790.978.979
  • Harta Lainnya : —-
  • Hutang : —-
LHKPN 2021

Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Mahfud MD  Rp. 29.546.144.117 dengan rincian berikut:

  • Tanah dan Bangunan : Rp. 12.060.316.000
  • Alat Transportasi dan Mesin : Rp. 1.503.000.000
  • Harta Bergerak Lainnya : Rp. 180.500.000 
  • Surat Berharga : —-
  • Kas dan Setara Kas : Rp. 15.802.328.117
  • Harta Lainnya : —-
  • Hutang : —-
LHKPN 2022

Lihat perbandingan cawapres lainnya

Membandingkan dua calon presiden sangat penting bagi pemilih karena membantu mereka membuat keputusan yang lebih informasional dan bijaksana dalam memilih pemimpin negara.

Potensi kecurangan

Berikut beberapa potensi kecurangan yang dapat terjadi ditahap ini:

Pembagian sisa surat undangan

Pembagian sisa surat undangan untuk memilih yang dibagikan kepada mereka yang tidak berhak.

Memindahkan suara calon

Memindahkan suara calon legislator kepada calon legislator lain dalam satu partai atau memasukkan suara partai ke calon legislator tertentu.

Jual beli rekapitulasi suara

Jual beli rekapitulasi suara, utamanya bagi partai yang tidak lolos parliamentary threshold.

Apakah Anda menemukan kecurangan
seperti contoh disekitar anda?